Cara Mencegah Usus Buntu Secara Alami dan Aman

Cara Mencegah Usus Buntu Secara Alami dan Aman

Mengetahui Cara Mencegah Usus Buntu merupakan cara yang perlu diketahui oleh masayarakat agar tidak terkena penyakit atau peradangan usus buntu. Hal ini karena penyakit usus buntu merupakan suatu penyakit yang sering dialami oleh masayarakat luas.

Cara Mencegah Usus Buntu Secara Alami dan Aman

Penyakit usus buntu sendiri adalah suatu penyakit yang terjdi pada saluran pencernaan yang disebabkan oleh infeksi yang berbahaya. Sedangkan usus buntu adalah organ berbentuk kantong kecil dan tipis berukuran 5 hingga 10 cm yang terhubung pada usus besar yang fungsinya tidak terlalu berpengaruh untuk tubuh.

Meski fungsi usus buntu untuk tubuh ini tidak terlalu penting, namun bisa menimbulkan masalah apabila usus buntu tersebut mengalami peradangan atau pembengkakkan. Dimana hal itulah yang bisa menyebabkan bagian tubuh mengalami gangguan kesehatan yang dikenal dengan penyakit usus buntu.

Baca Juga : Obat Tradisional Usus Buntu

Cara Mencegah Usus Buntu Secara Alami dan Aman

Nah, agar anda bisa terhindar dari psnyakit usus buntu, ada baiknya kita mengetahui apa saja cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah terjadinya penyakit usus buntu.

Namun cara pencegahan yang efektif untuk radang usus buntu hingga saat ini masih menjadi PR untuk para ahli kesehatan, Namun anda tenang saja, Dengan menjalani gaya hidup yang sehat, kita bisa mencegah terjadinya penyakit usus buntu.

Baca Juga : Makanan Pemicu Usus Buntu yang Harus Anda Waspadai

Dan berikut ini ada beberapa cara pencegahan yang bisa kita lakukan untuk mencegah terjadinya peradangan pada usus buntu. Diantaranya yaitu :

1. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan serat

Cara Mencegah Usus Buntu Secara Alami dan Aman

Makanan yang kaya akan kandungan serat yang tinggi adalah makanan yang bisa digunakan untuk mencegah terjadinya peradangan pada usus buntu. Alasannya adalah karena radang yang ada di usus buntu banyak disebabkan oleh penumpukan feses. Bisa dikatakan bahwa orang yang terkena sembelit dia akan memiliki resiko untuk terkena radang usus buntu.

Maka dari itu, orang yang sering mengalami sembelit ada baiknya mengkonsumsi makana tinggi serat seperti agar-agar, sayuran dan juga buah-buahan. Hal itu dikarenakan semua makanan tersebut banyak mengandung serat. Serat baik untuk pencernaan sehingga feses akan melunak dan bab menjadi lancar.

Mengkonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi selain mampu memperlancar proses pencernaan, juga bisa membersihkan semua limbah dan racun yang ada di dalam tubuh. Dimana makanan yang mengandung serat tinggi akan mudah dikeluarkan, sehingga tidak ada feses yang keras yang berpotensi bisa menyebabkan terjadinya peradangan pada usus buntu.

Dan berikut ini ada beberapa makanan yang mengandung serat tinggi yang bisa anda makan sebagai menu harian anda, diantaranya yaitu :

  • Kembang kol
  • Kacang hijau
  • Kacang almond mentah
  • Sayuran seperti brokoli dan kubis
  • Sayuran dengan umbi akar seperti ubi jalar dan bawang merah
  • Kacang polong

Selain itu, jenis jamur – jamuran yang dapat dimakan juga merupakan sumber serat yang baik. Dimana tumbuhan yang satu ini juga memiliki khasiat obat yang dapat meningkatkan kesehatan sistem kekebalan tubuh dan bahkan mencegah kanker. Jamur juga bisa membantu mengendalikan kadar glukosa dan lemak dalam darah.

2. Banyak Mengkonsumsi Air Putih

Cara termudah untuk mencegah usus buntu adalah dengan mencukupi kebutuhan air putih. Air putih bisa melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Feses yang keras bisa dilunakkan dengan cairan yang ada di dalam tubuh.

Maka dari itu, orang yang kurang dalam mengkonsumsi cairan akan rentan untuk terkena sembelit dan juga radang usus buntu. Selain itu, orang yang duduk selama berjam-jam di depan komputer juga renan untuk menglami sembelit sehingga diharuskan untuk mengkonsumsi ar putih sebanyak 8 gelas perharinya.

3. Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A dan D

Selain mengkonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi, mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A dan D juga diyakini merupakan salah satu cara mencegah terjadinya peradangan pada usus buntu.

Dimana Vitamin A berguna untuk membantu sel darah putih melawan infeksi, sementara untuk vitamin D berguna untuk melawan bakteri dan infeksi pada tingkatan yang lebih tinggi. Kedua vitamin ini wajib ada dalam asupan makanan Anda jika ingin mencegah terjadinya peradangan pada usus buntu.

4. Batasi Asupkan Kafein

Membatasi asupan kafein setiap harinya bisa berguna untuk menghindar dari sembelit. Hal itu dikarenakan kandungan kafein yang ada di dalam teh maupun kopi bisa menyebabkan seseorang terkena sembelit. Padahal sembelit itu bisa menyebabkan terjadinya peradangan pada usus buntu.

5. Hindari mengkonsumsi alkohol

Mengkonsumsi minuman yang mengandung Alkohol juga bisa menyebabkan seseorang terkena radang usus buntu. Alasannya adalah karena alkohol ini akan menyerap cairan yang ada di dalam tubuh sehingga tubuh akan merasakan dehidrasi.

Orang yang mengkonsumsi alkohol akan selalu merasakan kehausan sebab tubuh kekurangan cairan. Saat tubuh kekurangan cairan maka orang tersebut rentan untuk terkena sembelit.

Dimana sembelit adalah penyebab orang mengalami radang usus buntu. Maka dari itu, agar tidak terkena radang usus buntu ada baiknya kita menghindari mengkonsumsi alkohol.

6 Hindari makanan junk food

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan junk food juga bisa menyebabkan seseorang terkena radang usus buntu. Hal itu dikarenakan berbagai macam kandungan dalam junk food bisa mengiritasi usus.

Radang usus buntu bisa disebabkan oleh bahaya makanan junk food meskipun persentasenya hanya kecil, sedangkan persentase terbesar disebabkan oleh sembelit.

7. Jangan menunda buang air besar ( BAB )

Menahan BAB mungkin terdengar sepele, namun faktanya orang yang suka menunda BAB akan lebih mungkin mengalami sembelit. Kondisi sembelit akibat kerasnya feses berpotensi menyebabkan usus buntu. Agar dapat mencegah radang usus buntu, segeralah buang air besar saat dorongan itu tiba.

8. Tidur Teratur dan Berkualitas

Orang yang tidur tidak teratur bisa terkena radang usus buntu, alasanya karena ketika seseorang yang tidak tidak teratur, maka sistem metabolisme tubuhnya menjadi tidak teratur.

Sistem metabolisme yang kurang bagus akan berpengaruh dalam kinerja organ pencernaan. Oleh sebab itu untuk mencegah terjadinya radang usus buntu sebaiknya kita tidur berkualitas dan secara teratur.

9. Istirahat Setelah Makan

Meskipun hal ini belum terbukti secara ilmiah, Namun banyak orang yang menyakini bahwa banyak gerak setelah makan bisa menyebabkan terjadinya peradangan pada usus buntu.

Mungkin anda sendiripun merasa tidak nyaman bahkan perut terasa sakit pada salah satu sisi perut terutama pada bagian kiri, apabila anda banyak gerak setelah makan. Dan bahkan untuk para atlet diharuskan untuk makan dua jam sebelum melakukan latihan agar perut tidak sakit.

10. Rutin Melakukan Olahraga

Melakukan olahraga yang teratur tidak hanya membuat tubuh menjadi lebih fit, namun bisajuga membantu mengeluarkan racun dan limbah yang anda di dalam tubuh.

Namun,jika anda sakit atau tubuh anda sedang lemah, sebaiknya lakukan olahraga yang ringan saja, seperti jongging, yoga atau senam ringan. Tidak hanya dengan olahraga, membantu pekerjaan rumah juga bisa dilakukan agar tubuh tetap aktif bergerak. Dengan begitu dengan rutin melakukan olahraga, anda nisa terhindar dari masalah pencernaan seperti radang usus buntu.

Cara lain untuk mencegah radang usus buntu

Karena radang usus buntu bisa terjadi akibat infeksi, maka masuk akal rasanya jika ,kita selalu menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh kita sendiri. Infeksi tidak akan membahayakan tubuh apabila sistem kekebalan tubuh kita dalam kondisi normal atau sehat.

Tingkatkan kesehatan tubuh kita dengan mengkonsumsi makanan gizi seimbang yang mengandung probiotik, mengendalikan stres, berolahraga dan istirahat yang cukup, jika perlu tambahkan suplemen makanan yang mengandung beta karoten, Vitamin C dan seng.

Cara mencegah usus buntu secara alami memang sangat mudah, hindari aktivitas dan makanan yang dapat menyebabkan usus buntu. Itulah berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mendiagnosa penyakit usus buntu di dalam tubuh seseorang.

Baca Juga : Kenali Tanda dan Gejala Awal Usus Buntu yang Harus Diwaspadai

Kita harus mampu menangkap sinyal yang diberikan oleh tubuh ketika dirinya sedang merasa tidak baik. Dengan begitu ketika kita merasakan ada yang janggal dengan tubuh kita, kita bisa langsung memeriksakannya dan mendapatkan penanganan dengan cepat dan tepat.

Artikel Terkait

By : Cara Mencegah Usus Buntu Secara Alami dan Aman

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*