Daftar Makanan yang Tidak Boleh dikonsumsi Penderita Hepatitis

Melakukan pengobatan hepatitis saja tidak cukup, anda perlu menghindari pantangan makanan yang dilarang untuk anda konsumsi. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai Daftar Makanan yang Tidak Boleh dikonsumsi Penderita Hepatitis yang patut untuk anda ketahui.

Daftar Makanan yang Tidak Boleh dikonsumsi Penderita Hepatitis

Hanya sekilas informasi saja, penyebab timbulnya penyakit hepatitis ini tergantung pada jenis hepatitis yang dideritanya seperti hepatitis A yang disebabkan oleh virus HAV, Hepatitis B oleh virus HBV, Hepatitis C oleh HCV dan Hepatitis D oleh virus deltas.

Daftar Makanan yang Tidak Boleh dikonsumsi Penderita Hepatitis

Ketika anda didiagnosis mengidap penyakit hepatitis, maka anda harus lebih berhati-hati dalam mengkonsumai makanan yang anda makan. Perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang bergizi dan hindari mengkonsumsi beberapa makanan tertentu.

Pada pasalnya, ada beberapa makanan tertentu yang dikenal bisa merusak fungsi hati sehingga bisa berisiko memperburuk kondii anda. Apa saja makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita hepatitis ? Berikut informasinya.

:: Makanan yang Tidak Boleh dikonsumsi Penderita Hepatitis ::

  • Minuman yang mengandung alkohol

Seperti yang sudah kita ketahui, mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol selain bisa merusak fungsi hati melainkan juga bisa merusak sistem otak dan jaringan tubuh yang lainya.

Pada intinya, alkohol termasuk peringkat pertama sebagai pantangan makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita hepatitis.

Perlu anda ketahui juga, alkohol disini bukan hanya dalam bentuk minuman saja, melainkan beberapa obat nyeri yang dijual bebas juga bisa mengandung alkohol. Dan obat-obatan tersebut juga harus anda hindari.

  • Makanan yang Mengandung Lemak Tinggi

Meski penderita hepatitis dilaranag untuk Mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi, namun bukan berarti anda harus menghindari asupan lemak.

Makanan yang mengandung lemak jenuh yang bisa dikonsumsi oleh penderita hepaitis bisa berupa minyak zaitun, canola dan alpukat.

Sedangkan makanan yang mengandung lemak tinggi yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita hepaitis yaiu Jeroan, junk food, seafood, aneka gorengan, makanan bersantan, susu tinggi lemak dan olahannya (keju, es krim, dsb), aneka kue, dan makanan berlemak tinggi lainnya.

  • Makanan Tinggi Garam

Hati yang terlanjur mengalami kerusakan tidak bisa memproses garam sepenuhnya. Kadar garam yang tinggi dalam tubuh bisa meningkatkab tekanan darah, yang pada akhirnya bisa menyebabkan kerusakan pada perlemakan hati.

Dimana makanan yang mengandung lemak tinggi yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderitanya yaitu daging, kornet, bacon dan sosis.

  • Makanan Tinggi Protein

Banyak para ahli gizi yang menyebutkan bahwa kita tidak boleh mengkonsumsi makanan protein lebih dari 1 g protein per 1 kg berat badan anda setipa harinya.

Dimana makanan yang mengandung tinggi lemak bisa berupa daging, unggas, ikan, produk susu, kacang polong, kacang dan biji-bijian serta beberapa makanan sereal.

  • Makanan Manis

Makanan manis meru[akan salah satu pantangan makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita hepatitis. Namun bagi anda yang ingin mengkonsumsi makanan manis boleh saja, namun anda harus membatasi beberapa makanan manis seperti kue kering, roti putih dan beberapa makanan yang mengandung gula tambahan.

Bagi penderita hepatitis baiknya mengkonsumsi gula yang alami dan karbohidrat berserat seperti stroberi, jeruk atau apel.

Baca Juga : Kenali Tanda dan Gejala Awal Hepatitis

Selain minuman dan makanan diatas, ada beberapa makanan lainya yang juga tidak boleh dikonsumsi oleh penderita hepatitis, diantaranya yaitu :

  • Makanan yang menimbulkan gas seperti ubi, kacang merang, lobak, mentimun, durian, kool, sawi dan nangka.
  • Bumbu masakan yang memiliki aroma dan rasa yang cukup tinggi seperti cabai, jenis bawang-bawangan, merica / lada, cuka, jahe dan berbagai bumbu masakan lainya.
  • Makanan yang dipanggang atau dibakar.

Nah itulah informasi mengenai Daftar Makanan yang Tidak Boleh dikonsumsi Penderita Hepatitis yang bisa kami sampaikan disini. Semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat untuk anda semua.

Baca Juga : Obat Hepatitis Herbal Terbukti Paling Ampuh

Daftar Makanan yang Tidak Boleh dikonsumsi Penderita Hepatitis

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *