Daftar Pantangan dan Anjuran Makanan Untuk Penderita Hipertensi

Daftar Pantangan dan Anjuran Makanan Untuk Penderita Hipertensi

Melakukan pengobatan hipertensi atau darah tinggi saja tidak cukup, anda perlu menghindari pantangan makanan yang dilarang untuk anda konsumsi dan juga makanan yang harus anda konsumsi. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai Daftar Pantangan dan Anjuran Makanan Untuk Penderita Hipertensi yang patut untuk anda ketahui.

Hindari mengkonsumsi makanan yang menjadi larangan penderita hipertensi, hal ini karena bisa mengakibatkan kondisi tekanan darah yang berkelanjutan dan bahkan sulit untuk diatasi.

Pantangan Makanan Penderita Hipertensi

Berikut ini ada beberapa pantangan makanan yang dilarang dikonsumsi oleh penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi, diantaranya yaitu :

  • Garam

Daftar Pantangan dan Anjuran Makanan Untuk Penderita Hipertensi

Pantangan makanan yang paling utama dilarang oleh penderita hipertensi adalah garam. Hal ini karena garam yang dikonsumsi terlalu banyak bisa memicu terjadinya darah tinggi.

Kandungan garam yang banyak di dalam darah penderita darah tinggi akan menyebabkan kenaikkan tekanan darah yang disebabkan oleh sifat garam yang dapat menarik air. Namun bukan berarti kita tidak boleh makan garam sama sekali.

Institusi terkenal Amerika yang meneliti banyak mengenai penyakit darah tinggi mengatakan bahwa asupan garam dapur maksimal yang dapat dikonsumsi oleh penderita darah tinggi adalah 6 gram atau setara dengan satu sendok teh. Bila dapat lebih sedikit, efeknya lebih bagus.

  • Makanan yang Mengandung Lemak Jenuh Tinggi

Daftar Pantangan dan Anjuran Makanan Untuk Penderita Hipertensi

Makanan yang mengandung lemak jenuh seperti lemak pada daging sapi, domba dan minyak sawit sangat dilarang untuk konsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi. asupan lemak jenuh yang berlebihan dapat meningkatkan resiko kegemukan yang bisa memicu tekanan darah tinggi.

Lemak dari sapi pun mengandung banyak lemak jenuh. Termasuk juga susu full cream, keju, kuning telur, donat, dan kulit ayam. Jangan lupakan mentega pada popcorn atau roti yang juga mengandung lemak tidak baik.

Selain itu penderita darah tinggi juga sangat dilarang untuk konsumsi makanan yang digoreng karena bisa meningkatkan resiko serangan jantung.

  • Makanan dalam Kaleng

Pengawet yang dipakai untuk megawetkan makanan kaleng terbuat dari substansi yang membentuk garam. Inilah yang membuat makanan kaleng menjadi pantangan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita hipertensi.

Mungkin rasa dari makanan dalam kaleng ini tidak begitu asin, namun anda perlu hati-hati karena kadar garam yang ada pada makanan keleng ini tetap tinggi.

  • Produk daging Olahan

Sama seperti makanan kaleng, produk daging olahan juga mengandung banyak garam untuk mengawetkan daging tersebut. Maka dari itu, hindarilah makanan seperti dendeng, sosis, nugget, kornet, daging ham dan daging olahan lainnya.

Sama Halnya seperti makanan kaleng, meski rasa daging olahan ini tidak terlalu asin namun garam yang dikandungnya tetap saja tinggi.

  • Mie Instan

pantangan makanan penderita darah tinggi

Jenis makanan yang satu ini tentu menjadi teman sejati Anda dikala lapar, tidak punya uang dan tidak mau masak makanan yang ribet.

Namun anda perlu hati-hati terhadap mie instan yang mengandung kadar garam yang tinggi.

Selain garam, mie instan juga mengandung banyak lemak dan kalori yang dapat menaikkan berat badan. Padahal berat badan yang ideal merupakan salah satu dari program menurunkan berat badan.

Mengkonsumsi satu bungkus mie instan saja dapat membahayakan, apalagi bila dimakan dalam jumlah yang lebih. Itulah alasanya mengapa mie instan sangat dilarang oleh penderita hipertensi.

  • Makanan yang Mengandung Gula

Berbagai jenis makanan manis pastinya mengandung gula. Yang sebenarnya gula juga menjadi pantangan makanan tekanan darah tinggi. Mengkonsumsi makanan manis mampu meningkatkan kadar gula darah dan berat badan.

Apabila anda terus mengkonsumsi makanan manis secara berlebihan, maka bisa meningkatkan resiko tersumbatnya pembuluh darah dan meningkatkan resiko penyakit jantung dan stroke. Maka dari itu, aturlah konsumsi makanan manis, jika anda ngin memakannya.

  • Kopi

Minuman yang satu ini sering kami dikonsumsi oleh seseorang yang sering bergadang pada malam hari. Namun anda perlu berhati-hati, Kopi yang sering anda konsumsi tersebut mengandung kafein dan bisa meningkatlan resiko tekanan darah tinggi.

Itulah beberapa makanan yang harusnya dihindari oleh penderita darah tinggi sehingga penyakit yang diderta tidak semakin parah dan bisa dengan mudah diatasi. Ingat perhatikan asupan makanan yang anda konsumsi agar tekanan darah tinggi yang anda derita tidak semakin parah.

Anjuran Makanan Penderita Hipertensi

Selain mengetahui pantangan makanannya, ada baiknya anda juga mengetahui apa saja yang menjadi anjuran makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita hipertensi.

Daftar Pantangan dan Anjuran Makanan Untuk Penderita Hipertensi

Dan berikut ini ada beberapa anjuran makanan yang sangat baik dikonsumsi oleh penderita hipertensi. Anjuran makanan tersebut diantaranya yaitu :

  • Sayuran

Ada beberapa jenis sayuran yang memiliki kandungan yang sangat baik dikonsumsi olah penderita hipertensi. Sayuran tersebut diantaranya yaitu seledri, bayam, wortel dan kubis.

Dalam beberapa kasus sudah terbukti bahwa minum jus seledri atau juga jus wortel mampu menurunkan tekanan darah tinggi secara efektif. Begitu juga dengan kandungan asam amino yang terdapat pada kubis mampu menurunkan rekanan darah tinggi.

Sedangkan untuk bayam memiliki kandungan potasium dan magnesium yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung sebagai organ yang berguna untuk memompa darah.

  • Tah hijau

Beberapa riset membuktikan bahwa orang yang rutin mengkonsumsi teh hijau memiliki resiko yang kebuh kecil untuk terkena tekanan darah tinggi.

  • Buah-Buahan

Beberapa jenis buah memiliki manfaat untuk mendukung tekanan cairan darah untuk selalu stabil, seperti apel. Jenis buah berry dengan kandungan antioksidannya. Tomat dan papaya yang keseluruhnya aman untk pasien penderita hypertension justru sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita hipertensi.

  • Susu Rendah Lemak

Mengkonsumsi susu rendah lemak secara rutin mampu menurunkan tekanan darah tinggi hingga 10%. Hal ini karena usus rendah lemak mampu menghindari kadar lemak darah tinggi yang bisa meningkatkan resiko serangan jantung.

Menurut para ahli kesehatan, mengkonsumsi susu rendah lemak sebanyak 3 gelas susu setiap hari, berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah, dan berbagai penyakit yang berhubungan dengan kekurangan kalsium.


Itulah informasi yang bisa kami sampaikan untuk anda mengenai pantangan dan anjuran makanan untuk penderita darah tinggi yang patut untuk anda ketahui, agar anda bisa mendapatkan kesembuhan seperti yang anda harapkan.

Dan berbicara mengenai pengobatannya, kami menyarankan anda untuk mengkonsumsi obat herbal yang terbuat dari 100% bahan alami yaitu obat herbal QnC Jelly Gamat.

Info lebih lengkapnya bisa klik : Obat Hipertensi Herbal

Hanya itu saja informasi yang bisa kami sampaikan untuk anda. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda semua yang membacanya.

Baca Juga :

Kenali Tanda dan Gejala Awal Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi)
Mencegah Naiknya Tekanan Darah Agar Tidak Terjadi Hipertensi

Post By : Daftar Pantangan dan Anjuran Makanan Untuk Penderita Hipertensi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *