Fungsi Usus Buntu yang Belum Diketahui Banyak Orang

Fungsi Usus Buntu yang Belum Diketahui Banyak Orang

Mungkin ada diantara kalian yang sering mendengar mengenai penyakit usus buntu yang biasanya mengharuskan seseorang yang mengalaminya menjalani operasi. Dan setelah usus buntu tersebut dibuang atau diangkat, tidak akan menimbulkan dampak yang negatif bagi kesehatan tubuh anda. Sehingga banyak orang yang mengira bahwa usus buntu tidak memiliki manfaat atau fungsi apapun, Namun apakah pendapat tersebut benar ?? Maka dari itu kami disini akan memberitahukan informasi mengenai Fungsi Usus Buntu yang Belum Diketahui Banyak Orang.

Fungsi Usus Buntu yang Belum Diketahui Banyak Orang

Usus buntu adalah organ berbentuk kantong kecil dan tipis berukuran 5 hingga 10 cm yang terhubung pada usus besar. Hingga saat ini, usus buntu ini dianggap organ yang tidak penting bahkan tidak memiliki fungsi apapun.

Akan tetapi ada penelitian modern yang menemukan bahwa usus buntu memiliki beberapa manfaat dan fungsi bagi tubuh kita. Beberapa penelitian menunjukan bahwa manusia purba didominasikan oleh herbivora, mereka menggunakan usus buntunya untuk mencerna sayuran mentah.

Namun seiring berjalanya waktu mereka mulai memasukan makanan yang mudah dicerna, sehingga pada akhirnya usus buntu keilangan fungsinya. Bahkan, ada salah satu ilmuwan yang percaya bahwa dimasa depan usus buntu akan lenyap dari tubuh manusia.

Akan tetapi, diluar pandangan para ahli tersebut, penelitian modern berhasil menemukan bahwa sebenarnya ada beberapa fungsi usus buntu bagi tubuh kita.

Fungsi Usus Buntu Bagi Tubuh

Berikut ini ada beberapa fungsi usus buntu bagi tubuh yang masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Fungsi usus buntu tersebut diantaranya yaitu :

  • Berperan dalam sistem kekebalan tubuh

Pada beberapa tahun terakhir, Para peneliti menunjukan bahwa usus buntu memiliki sel limfoid yang membantu tubuh melawan infeksi. Maka dari itu fungsi usus buntu ini cukup diperhitungkan dalam sistem kekebalan tubuh.

Dalam hal ini, usus buntu bisa menjadi pertahanan awal dalam membantu proses melawan bakteri dan zat penyebab penyakit lainya terutama pada saluran pencernaan.

  • Berperan dalam sistem pencernaan

Fungsi usus buntu yang kedua yaitu memiliki pengaruh dalam sistem pencernaan. Menurut salah satu peneliti dari Duke University Medical Center, menyatakan bahwa usus buntu memiliki fungsi kunci untuk memproduksi dan menyimpan mikroba yang baik untuk usus manusia.

Tim peneliti yang terdiri dari ahli imunologi, mengatakan bahwa sistem pencernaan kita ini kaya akan bakteri yang tidak hanya berbahaya, namun juga ada yang bermanfaat bagi tubuh dalam sistem pencernaan.

Bakteri baik tersebut sering ikut terbuang dari tubuh saat seseorang menderita penyakit seperti disentri dan kolera, Sehingga hal ini bisa mengganggu sistem pencernaan. Maka dari itu, usus buntu berfungsi untuk menangkat bakteri baik dan “me-roboot” sistem pencernaan kita. Penelitian ini telah dipublikasikan secara online dalam Journal of Theoretical Biology .

Menurut Dr. Bill Parker, yang merupakan bagian dari tim peneliti mengenai kegunaan usus buntu, “Fakta bahwa usus buntu terletak di bagian bawah usus besar, dimana makanan dan bakteri pasti melaluinya, menujukkan bahwa ada fungsi usus buntu untuk sistem pencernaan”.

Kesimpulan :
Fungsi usus buntu yang masih belum diketahui banyak orang ternyata memiliki 2 fungsi yakni beperan dalam sistem pertahanan / sistem kekebalan tubuh dan membantu dalam proses pencernaan.

Penyakit yang Mempengaruhi Usus Buntu

Pada Umumnya Penyakit yang mempengaruhi usus buntu adalah radang usus dan tumor karsinoid. Meskipun para ilmuwan percaya bahwa usus buntu memiliki fungsi yang berguna bagi tubuh.

Namun para ilmuwa memperbolehkan untuk menjalani operasi usus buntu apabila menimbulkan masalah. Karena apendisitis atau radang usus buntu yang tidak diobati bisa menimbulkan dampak negatif yang bisa berakibat fatal dan juga karena pengangkatan usus buntu tersebut tidak menyebabkan dampak negatif bagi tubuh.

Kenali Penyakit Usus Buntu Sedini Mungkin :

Apabila anda mengalami penyakit usus buntu, biasanya Dokter akan mengatasi penyakit usus buntu tersebut dengan segera melakukan operasi pengangkatan, jika tidak korban yang mengalami penyakit usus buntu tersebut bisa meninggal. Operasi pengangkatan ini tidak menimbulkan efek yang merugikan bagi tubuh manusia, meskipun menghilangkan fungsi usus buntu.

Kesimpulan dan Fakta Tentang Fungsi Usus Bantu

Ada beberapa fakta menarik yang perlu anda ketahui mengenai usus buntu, Diantaranya yaitu :

  • Ribuan tahun yang lalu nenek moyang kita sering merngkonsumsi sayuran mentah untuk bertahan hidup. Jadi, usus buntu berfungsi untuk menghancurkan bahan kimia tertentu pada tanaman yang kompleks dan sulit dicerna itu.
  • Hewan herbivora tertentu memiliki struktur seperti usus buntu yang menempel pada usus besar. Struktur ini ternyata membantu proses pencernaan, dimana hal ini sama dengan yang dimiliki oleh tubuh manusia.
  • Pada seekor beruang Koala (seekor mamalia yang memakan daun kayu putih), usus buntu masih dalam keadaan fungsional dan membantu menghancurkan bahan kimia tumbuhan yang dikonsumsi.
  • Dalam sistem pencernaan hewan tersebut, ada sejumlah besar bakteri baik yang membantu proses pencernaan bahan tanaman yang kompleks. Bakteri baik juga berperan dalam melawan bakteri jahat yang ada dalam saluran cerna, maka dari itu keseimbangan ini perlu untuk dijaga.
  • Jika tubuh kehilangan bakteri baik, maka seseorang akan mengalami banyak masalah kesehatan. Disinilah fungsi usus buntu mengambil perannya untuk menampung bakteri baik.

( Sumber : https://mediskus.com/ )

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan untuk anda semua mengenai Fungsi Usus Buntu yang Belum Diketahui Banyak Orang. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda semua. 

Fungsi Usus Buntu yang Belum Diketahui Banyak Orang

Baca Juga :

1 Trackback / Pingback

  1. 9 Tanaman Obat Tradisional Untuk Menyembuhkan Usus Buntu

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*