Inilah Kadar Gula Darah Normal Pada Tubuh Yang Perlu Diketahui

Untuk menunjang kinerja tubuh dan membuat tubuh tetap sehat adalah dengan memiliki kadar gula darah dalam tubuh normal. Lantas berapakah kadar gula darah normal pada tubuh ? Mari kita simak informasi berikut !

Inilah Kadar Gula Darah Normal Pada Tubuh Yang Perlu Diketahui
hellosehat.com

Tubuh sangat memerlukan gula sebagai bahan bakar untuk menjalankan semua fungsi pada tubuh. Dengan tercukupinya kadar gula yang dibutuhkan oleh tubuh, maka kinerja dan kesehatan tubuh pastinya akan lebih terjaga.

Namun hal tersebut berbeda apabila kadar gula terlalu tinggi atau rendah. Dimana keduanya akan berdampak buruk untuk kesehatan, baik jangka pendek atau panjang. Maka dari itu anda perlu mengetahui berapa kadar gula darah yang termasuk kategori normal.

Kadar Gula Darah Normal Pada Tubuh

Kadar gula darah normal atau tidaknya dalam tubuh tidaklah berpatokan pada satu angka baku saja, melainkan bisa berubah dan banyak dipengaruhi oleh berbagai faktor tertentu seperti sesudah dan sebelum makan atau bahkan saat waktunya tidur.

Batas kadar gula darah normal berbeda beda berdasarkan tes gula darah yang dilakukan. Dan berikut ini ada beberapa batas kadar gula darah dalam tubuh normal adalah :

  • Gula Darah Puasa ( GDP )

Melakukan cek kadar gula darah saat puasa atau tidak makan setidaknya selama 8 jam. Pada tes ini bisa diketahui apakah anda memiliki kadar gula darah normal atau tidak.

  1. Normal: di bawah 100 mg/dl
  2. Prediabetes: 100-125 mg/dl
  3. Diabetes di atas 125 mg/dl
  • Gula Darah 2 Jam Setelah Makan

Melakukan pengecekan kadar gula darah dengan 2 jam setelah makan terakhir. Dan berikut ini kadar gula darah normal dalam tubuh dari hasil tes :

  1. Normal : di bawah 140 mg/dl
  2. Prediabetes : 140-199 mg/dl
  3. Diabetes : 200 mg/dl atau lebih
  • Gula Darah Sewaktu ( GDS )

Melakukan tes gula darah bisa dilakukan kapan saja tanpa melakukan persyaratan apapun. Pengecekan ini dimaksud untuk mengetahui hasil darisetiap pemeriksaanya akan jauh atau tidak.

Apabila hasil pemeriksaan berbeda atau bervariasi, maka bisa dikatakan bahwa anda anda memiliki masalah dengan kadar gula darah. Kriteria kadar gula darah sewaktu :

  1. Normal = Hasil setiap pemeriksaan adalah dibawah 199 mg/dL
  2. Diabetes = Hasil setiap pemeriksaan sering menunjukkan angka lebih dari 200 mg/dL

Meski sudah ditentukan angka normal pada kadar gula darah dalam tubuh, namun angkat tersebut bisa berubah dalam setiap waktunya, hal ini dikarenakan dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti :

  1. Sebelum Makan = 70 – 130 mg/dL
  2. Menjelang Tidur = 100 – 140 mg/dL
  • Gula Darah Hemoglobin A1c (HbA1c)

Tes yang satu ini dilakukan untuk mengetahui kadar gula darah dalam sel darah merahm hal ini biasanya dilakukan di laboratorium, dengan hasil tes yang bisa digunakan untuk rata rata kadar gula darah adalah :

  1. Normal = Tidak lebih dari 41 mmol/mol (6%)
  2. Prediabetes = 42 – 47 mmol/mol (6 – 6,4%)
  3. Diabetes = 48 mmol/mol (6,5%) atau lebih
  • Gula Darah Pada Ibu Hamil

Normalnya kadar gula darah pada ibu hamil tidak lebih dari 108 mg/dL. Gula darah sebelum makan antara 69 – 75 mg/dL. Sementara sesudah makan 105 – 108 mg/dL

  • Kadar Gula Darah Anak Usia Kurang Dari 6 Tahun

Kadar gula darah sewaktu pada anak usia kurang dari 6 tahun rata rata 100-200 mf/dL. Gula darah puasa seharunya tidak jauh dari sekitar 100 mg/dL. Sementara gula darah setelah makan dan sebelum tidur seharunya sekitar 200 mg/dL.

  • Kadar Gula Darah Anak Usia 6-12 tahun

Pada anak usia 6-12 tahun memiliki kadar gula darah sewaktu rata rata 70-150mg/dL. Untuk gula darah puasa tidak jauh sekitar 70 mg/dL. Sementara untuk setelah makan dan sebelum tidur sekitar 150 mg/dL.

Tanda Kekurangan Dan Kelebihan Gula Darah

Menjaga kadar gula darah agar tetap dalam keadaan normal adalah suatu kondisi yang sangat penting. Namun apabila gula darah terlalu rendah atau tinggi bisa menimbulkan dampak negatif pada tubuh anda.

Baca Juga : Cara Menurunkan Gula Darah Tinggi

Apabila kadar gula darah terlalu rendah, maka penderitanya bisa mengalami beberapa keluhan seperti : Tubuh mudah lelah dan lemas, kesemutan, kejang, jantung berdebar, kulit pucat dan tidak mampu berdiri atau berjalan.

Sedangkan apabila kadar gula darah terlalu tinggi, penderitanya bisa mengalami keluhan seperti : berat badan menurun, nafsu makan meningkat, tubuh mudah lelah dan lesu, sering infeksi gigi dan sering buang air kecil.

Lantas Adakah Cara Yang Bisa Dilakukan Agar Kadar Gula Darah Tetap Normal ?

Untuk menghindari efek dari gula darah yang terlalu rendah atau tinggi , anda bisa melakukan beberapa cara seperti berikut :

  • Olahraga dengn rutin
  • Perhatikan asupan makanan
  • Makan dengan tepat waktu
  • Jaga suasana hati dan kelola stres

Dengan mengetahui kadar gula darah yang termasuk ke dalam kategori normal, anda menjadi bisa mengontrol kadar gula darah dengan baik.

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan untuk anda mengenai kadar gula darah normal. Semoga informasi ini bermanfaat. Dan terimakasih telah berkunjung ke situs kami ini.

Inilah Kadar Gula Darah Normal Pada Tubuh Yang Perlu Diketahui

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*