Penyebab Glomerulonefritis dan Cara Mengatasinya Wajib Diketahui

Selamat datang di situs kesehatan yang selalu memberikan solusi pengobatan berbagai jenis penyakit termasuk penyakit Glomerulonefritis. Namun di dalam pengobatannya, anda perlu mengetahui apa yang menjadi penyebabnya. Maka dari itu pada kesempatan kali ini kami akan memberitahukan informasi mengetahui Penyebab Glomerulonefritis dan Cara Mengatasinya yang perlu anda ketahui.

Penyebab Glomerulonefritis dan Cara Mengatasinya Wajib Diketahui

Penyebab Glomerulonefritis

Perlu anda ketahui, penyebab terjadinya penyakit Glomerulonefritis disebabkan oleh berbagai kondisi seperti infeksi, kelainan sistem imun dan ganguan pada pembuluh darah. Namun terkadang ada juga penderita Glomerulonefritis yang penyebabnya tidak diketahui dengan pasti. Dan berikut ini ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan terjadinya penyakit Glomerulonefritis, diantaranya yaitu :

  • Infeksi bakteri

yang menjadi penyebab terjadinya penyakit Glomerulonefritis salah satunya yaitu infeksi bakteri streptococcus grup A yang sering menginfeksi tenggorokan dan kulit.

Dimana bagian dari bakteri tersebut memiliki ciri yang sama dengan sel pada ginjal, sehingga antibodi dari strptococcus grup A salah mengenali sel yang terdapat di dalam ginjal.

Dengan demikian antibodi tersebut akan menyerang sel-sel di ginjal dan menimbulkan terjadinya kelainan pada ginjal, seperti penyakit Glomerulonefritis.

  • Kelainan Sistem Kekebalan Tubuh

Kelainan sistem kekebalan tubuh yang bisa menyebabkan terjadinya Glomerulonefritis adalah lupus yang menyebabkan peradangan pada berbagai organ tubuh termasuk ginjal, Sindrom Goodpasture yang menyebabkan perdarahan di paru-paru dan ginjal serta Nefropati IgA yang menyebabkan endapat salah satu protein sistem pertahanan pada Glomerulus ginjal.

  • Vaskulitis

Kondisi vaskulitis bisa terjadi pada berbagai organ tubuh, termasuk ginjal. Penyakit vaskulitis yang menyerang pembuluh darah ginjal dan mengakibatkan Glomerulonefritis adalah poliarteritis dan granulomatosis Wegener.

Namun terkadang, terjadinya kondisi Glomerulonefritis seringkali tidak memiliki penyebab yang khusus, salah satunya penyakit genetik yaitu sindrom alport yang bisa menyebabkan terjadinya penyakit Glomerulonefritis.

Selain itu paparan zat kimia pelarut hidrokarbon dan riwayat kankre juga diduga menjadi salah satu pemicu terjadinya penyakit Glomerulonefritis.

Cara Mengatasi Penyakit Glomerulonefritis

Apabila kondisi Glomerulonefritis yang anda alami sudah terdeteksi dari awal, terjadinya kerusakan ginjal bisa anda atasi dengan menjalani proses cuci darah untuk menyaring darah atau jika diperlukan anda juga bisa menjalani operasi cangkok ginjal.

Untuk mendukung dalam pengobata Glomerulonefritis dan kerusakan pada ginjal tidak semakin bertambah parah, maka penderitanya bisa menerapkan langkah-langkah seperti berikut :

  • Menjaga berat badan
  • Olahraga dengan rutin
  • Berhenti merokok
  • Mengurangi asupan protein, kalium dan garam
  • Mengkonsumsi buah dan sayuran yang baik untuk ginjal
  • Tidak mengkonsumsi minuman beralkohol

Dan untuk pengobatannya, kami menyarankan anda untuk memilih cara alami yaitu obat glomerulonefritis herbal yang sudah terbukti manjur sembuhkan Glomerulonefritis hingga sembuh total dan aman tanpa efek samping.

Itulah Penyebab Glomerulonefritis dan Cara Mengatasinya yang bisa kami sampaikan untuk anda. Semoga informasi ini bermanfaat.

Terimakasih atas kunjungannya… 🙂

Penyebab Glomerulonefritis dan Cara Mengatasinya Wajib Diketahui

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*