Penyebab Infeksi Ginjal yang Sering Terjadi

Infeksi ginjal biasanya merupakan suatu komplikasi dari infeksi saluran kemih, dimana bakteri dari kandung kemih berpindah ke ginjal dan menyebabkan rasa tidak nyaman atau nyeri. Selain itu anda juga perlu mengetahui Penyebab Infeksi Ginjal lainya yang sering kali terjadi.

Waspada 10 Penyebab Infeksi Ginjal yang Sering Terjadi

Penyebab Infeksi Ginjal yang Sering Terjadi

Ginjal merupakan organ penting dalam proses penyaringan darah dan penyerapan racun dalam tubuh. Apabila organ yang satu ini mengalami gangguan, maka tubuh akan mengalami banyak masalah yang bisa memicu terjadinya penyakit ginjal, salah satunya infeksi ginjal.

Dimana penyebab utama terjadinya penyakit infeksi ginjal ini disebabkan oleh bakteri E.Coli yang berada di usus. Dimana bakteri ini bisa merambat hingga ke ginjal. Dengan demikian infeksi ginjal akan lebih rentan terjadi pada meraka yang mengalami ISK.

Selain itu, ada juga beberapa penyebab lainya yang bisa memicu terjadinya infeksi ginjal yang sering terjadi, diantaranya yaitu :

  • 1. Pielonefritis

Kondisi Pielonefritis merupakan salah satu infeksi yang disebabkan oleh bakteri yang berada di usus. Dimana bakteri yang paling umum menyebabkan infeksi adalah E.Coli, bakteri yang sama yang menjadi penyebab infeksi pada saluran kemih.

  • 2. Glomerulonefritis

Penyaring pada ginjal yang bernama Glomeruli mengalami gangguan dan kerusakan sehingga bisa membuat urin menjadi bercampur dengan darah. Kondisi ini juga bisa disebabkan akibat dari sistem kekebalan tubuh yang melemah. Dimana kondisi ini juga berkaitan dengan terjadinya infeksi pada ginjal.

  • 3. Diabetes

Bagi mereka yang memiliki penyakit diabetes dan tidak segera mendapatkan penanganan yang tepat maka bisa memicu terjadinya beberapa masalah pada ginjal salah satunya yaitu infeksi ginjal dan gagal ginjal.

  • 4. Saluran Kemih Tersumbat

Tersumbatnya saluran kemih ini bisa terjadi akibat adanya pembenkakkan pada saluran prostat atau akibat dari batu ginjal yang bisa memicu terjadinya infeksi ginjal.

  • 5. Anatomi tubuh wanita
  • 6. Sistem kekebalan tubuh yang melemah
  • 7. Pemakaian kateter dalam jangka panjang
  • 8. Kondisi bawaan lahir pada anak
  • 9. Infeksi kelenjar prostat
  • 10. Wanita hamil

Penyebab infeksi ginjal sangat bervariasi tergantung dari jenis infeksi yang terjadi. Penyakit ginjal berkembang secara bertahap tergantung dari kekuratan dan ketahanan ginjal seseorang. Akan tetapi infeksi yang terjadi selama bertahun-tahun bisa menyebabkan infeksi yang cukup serius dan bisa berakibat menjadi fatal.

Dengan mengetahui beberapa penyebab infeksi ginjal, anda menjadi bisa melakukan pencegahan infeksi ginjal dengan cara yang tepat dan efektif.

Apabila anda mengalami beberapa keluhan seperti rasa sakit saat berkemih atau nyeri perut pada bagian samping kiri atau kanan. Maka segeralah untuk berkonsultasi pada dokter untuk melakukan pemeriksaan. Hal ini karena beberapa keluhan tersebut termasuk pada salah satu gejala infeksi ginjal yang sering kali dialami oleh penderitanya.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda.

Waspada 10 Penyebab Infeksi Ginjal yang Sering Terjadi

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*